Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RUMUS MANTAP BUDIDAYA LELE 40 HARI PANEN

Rumus paling jitu agar mendapat untung yaang banyak di budidaya ikan lele  yaitu kecepatan pertumbuhan ikan + makanan alternatif

#untuk itu untuk mempercepat pertumbuhan ikan, kita akan memakai sistem bioflog.


sistem budidaya Bioflok adalah sistem budidaya menggunakan bakteri. Flok bisa bekerja melalui media air ataupun pakan. Bakteri inilah yang akan mengubah kotoran ikan menjadi pakan lagi, sehingga bisa dikonsumsi kembali oleh ikan.

Ini menjadi alternatif yang sangat efesien, terutama soal pakan, dalam seminggu ikan dipuasakan selama dua hari yakni hari Sabtu dan Minggu, selebihnya setiap hari diberi makan. Nah saat puasa itulah ikan mengkonsumsi pakan dari kotorannya sendiri yang sudah di rombak oleh bakteri

menurut wawancara oleh pihak tribunnews di Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Prambanan, Kabupaten Sleman. mereka mempraktekkan budidaya lele sistem bioflog itu dengan cara

  • hanya mengganti airnya sedikit
  • dibersihkan dari kotoran ikan supaya airnya tidak bau
  • Kotak juga pakai ramuan bioflok dan tetes tebu, pelet kita campur kemudian dikasih makan. Peletnya juga pelet shinta yang buat ikan mas
dan hasilnya 45 hari bisa panen, 1 kg itu isi 12-13 ekor lele. ada juga yang 1 kg ada yang isi 10.


#untuk makanan alternatif kita pakek makanan buatan sendiri.

Jika dipaksakan dengan membeli pelet kandungan protein 35% – 40% ini beresiko kantong kita bolong. Oleh karenanya berikan pakan tambahan berupa pakan alami dan pakan alternatif seperti

  • Azola,
  • Bekicot,
  • Ayam Tiren,
  • Keong Mas
  • belatung

Cara Ternak Belatung

Cara ternak belatung cukup mudah, hanya perlu menyiapkan bak atau ember besar yang biasa dipakai untuk mencuci baju, plastik hitam, dan tali rafia. Lalu siapkan juga bahan yaitu

bekatul,
air dan
daun pisang kering.
Teknik beternak belatung menggunakan bahan diatas adalah

Lubangi dulu ember, kecil saja kira-kira 1-2 cm. Buat lubang yang teratur, tidak terlalu rapat dan jangan juga terlalu jarang.
Setelah dilubangi, bak dicuci hingga bersih atau disiram air panas supaya bakteri yang tidak akan dibutuhkan tidak muncul.
Bekatul kemudian dimasukkan dalam ember
Lalu masukkan air tapi jangan diaduk (dicampur), biarkan mengendap.
Tutup dengan daun pisang kering diatasnya, untuk media telur lalat.
Lalu rapatkan bak dengan plastik atau aluminium foil supaya fermentasinya cepat
Lindungi juga dari hujan.
Panen siap dalam dua minggu.

Cara Budidaya Belatung dengan Ampas Tahu

Cara budidaya belatung bisa juga memakai teknik budidaya belatung menggunakan ampas tahu dan ikan asin.  Anda hanya perlu mencampur ampas tahu dengan ikan asin, masukkan dalam wadah lalu biarkan terbuka, supaya didatangi lalat. Wadah yang disiapkan sebaiknya agak tinggi supaya banyak panennya, karna belatung pada umumnya cuma ada di permukaan saja. Sesederhana itu, dan dalam waktu 1-2 minggu sudah bisa panen.

Cara Beternak Belatung dengan Pelepah Daun Pisang

Belatung yang digunakan untuk pakan bibit lele atau jenis ikan lainnya dihasilkan dari proses fermentasi. Bahan yang digunakan banyak macamnya, salah satunya dengan pelepah pisang yang sudah busuk, dicacah sampai lembut, lalu larutkan gula merah ¼ kg dalam air bekas cucian beras 5 liter. Pelepah tadi dimasukkan dalam air campuran, diremas dan diperas. Lalu air disaring, masukkan ke jerigen, dalam waktu 3 hari harus dikontrol, buang busanya.dalam waktu seminggu biasanya kalau tercium bau seperti tape, maka proses fermentasi berhasil, dan seminggu kemudian belatung siap dipanen.

Cara fermentasi Azolla

50 kg Azolla dicampur dengan 1 liter molase (tetes tebu) dan 30 cc probiotik.
Semua bahan dimasukkan dalam drum plastik ukuran 200 L. Fermentasi (diamkan) selama 15-20 hari.
Setelah fermentasi selesai, dicampur dengan bahan lainnya (biasanya tepung jagung atau jenis tepung lainnya) untuk dibentuk pelet.


Cara membuat makanan dari cacing


Biasanya, cacing diolah dulu menjadi tepung untuk dibuat pelet yang akan diberikan pada lele. Cacing adalah sumber protein dan asam amino yang baik bagi lele. Menurut salah satu sumber(link), untuk mendapatkan pakan pelet dengan kandungan 35%, maka komposisinya adalah 47% tepung cacing, 20% telur ayam, 14% terigu, 18% dedak, dan 1% kanji.  

Cara membuat tepung cacing

Cacing dicuci dengan air bersih, lalu ditimbang.
Cacing dijemur pada panas matahari di atas seng selama 24 jam (suhu 32-35 derajat Celcius).
Setelah cacing jadi kering, cacing dimasukkan ke mesin penggiling tepung. Tepung cacing siap digunakan[/tab] [tab]
Untuk membuat pakan pelet, bahan yang disiapkan antara lain: tepung cacing, kuning telur ayam yang telah direbus, tepung terigu, dan dedak.
Cara membuatya sebagai berikut: Semua bahan dicampur dan diaduk jadi satu.
Air hangat ditambahkan hingga adonan menjadi cukup kenyal (jangan terlalu banyak air).
Setelah adonan terbentuk, giling adonan menggunakan mesin penggiling daging sehingga terbentuk pelet basah yang panjang seperti mie.
Pelet basah dipotong per 0,5 cm Setelah itu pelet dijemur di panas matahari seharian.
Pelet ditimbang dan siap digunakan.


3 komentar untuk "RUMUS MANTAP BUDIDAYA LELE 40 HARI PANEN"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Saya suka sekali dengan artikelnya, Kalian lihat juga nih Cek Bunga KPR buat yang mau beli rumah

    BalasHapus